468x60 Ads

kegunaan live CD pada linux UBUNTU

[Ubuntu-Pemula] Beberapa Kegunaan Ubuntu LiveCD atau LiveUSB

Punya LiveCD atau LiveUSB bisa sangat membantu lo, terutama untuk hal-hal berikut ini..
Pada artikel sebelumnya saya yang membahas tentang bagaimana membuat Flashdisk menjadi Bootable atau LiveUSB. Nah, artikel ini adalah kelanjutan dari artikel tersebut. Mungkin teman-teman belum terfikirkan apa dan bagaimana memanfaatkan Ubuntu LiveCD atau LiveUSB ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan dengan LiveCD atau LiveUSB tersebut.
LiveCD atau LiveUSB sama aja...
1. Pertolongan pertama ketika OS utama macet.
Ketika Windows atau Ubuntu yang terinstall di komputer macet, dan kebetulan kita ingin/harus men-copy data kita karena keperluan yang sangat penting. Daripada menunggu install ulang OS yang lumayan lama, lebih cepat boot lewat LiveCD atau LiveUSB, dan kita bisa megakses data tersebut dengan aman.
2. Lindungi Privasi, terutama yang berhubungan dengan internet.
Ubuntu secara default telah berisi program-program yang bisa menunjang pekerjaan kita. Secara default (belum ditambahi program-program lain), di Ubuntu sudah ada aplikasi Office, browser Firefox, Gwibber Messenger (untuk chat YM atau facebook) dan media player.
Nah, dengan menjalankan program-program tersebut lewat LiveCD atau LiveUSB, maka kita tidak akan meninggalkan jejak (username atau password yang tersimpan, daftar file-file yang kita akses) karena data-data tersebut tidak akan disimpan. Berbeda dengan browsing langsung di komputer yang lebih banyak resikonya.
3. Men-Scan partisi Windows dari LiveCD atau LiveUSB.
Boot lewat LiveCD atau LiveUSB, kemudian install virus scanner (ClamAV misalnya, atau program antivirus lain yang bisa ditemukan di synaptic/software center), kemudian scan partisi Windows dari Ubuntu. Akan lebih aman, karena si virus tidak akan aktif di Ubuntu.
4. Me-Restore GRUB yang terimpa instalasi Windows.
Nah, yang ini saya telah menuliskan artikelnya, silahkan baca artikel saya yang ini.
5. Mengintip data-data di komputer teman.
Tidak mendapatkan akses masuk ke OS utama bukanlah masalah. Bila kita bisa mengatur BIOS untuk boot lewat CD atau USB, maka data-data teman kita sudah ada di gennggaman. Bagaimana tidak, kita bisa mengakses partisi di komputer dengan mudah, membuka, memindah, bahkan menghapus bukanlah hal yang sulit lewat LiveCD atau LiveUSB ini.


http://blog.uin-malang.ac.id/goji/2011/03/ubuntu-pemula-beberapa-kegunaan-ubuntu-livecd-atau-liveusb/

0 komentar:

Poskan Komentar